Sabtu, 07 September 2013

Watermelon and The Green Grass



Halo Ika,

Kenalkan, namaku prima dan beberapa minggu yang lalu, aku sedang blogwalking dan menemukan post tentang giveaway di blogmu. Aku suka banget sama semangka! Dan aku suka gaya tulisan kamu yang fresh, lucu tapi tidak berlebihan, dan kreatif! Keep writing ya! ^^

Besides that, surely I would love to join your giveaway, but more than that I want to share some tips based on my experiences doing the internship or writing minor thesis :)

If you see this blog, blog ini bukan tentang aku. Blog ini adalah tentang informan skripsi aku: pemain bola Korea yang tinggal dan mencari nafkah *tsaaah* di Indonesia. Kenapa aku sedikit memaksa JH Oppa untuk tulis blog? 1. Untuk latihan bahasa Indonesia dia; 2. Untuk sharing pengalamannya selama masa adaptasi.

Tapi lebih dari itu, aku juga pingin teman-teman pembaca belajar dari pengalaman aku menulis skripsi – menulis skripsi itu menyenangkan! Kita bisa dapat pengetahuan baru yang sebelumnya tidak pernah kita bayangkan – aku dulu ga pernah ngebayangin punya teman pemain bola asing, dan bahkan belajar bahasa Korea! Dan karena skripsi ini, aku dapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam syuting film Tendangan dari Langit bareng mas Hanung Bramantyo dan Kak Zaskia; sampai praktik langsung tentang manajemen pemain asing di Indonesia. WOW banget kan ^^

Now I’ll open the secrets for you, gimana kok aku bisa sampai ke posisiku sekarang ini..

Suatu hari di akhir Desember, waktu aku lagi suntuk nyari ide nulis skripsi, teman sekelasku ngajak aku nonton bola, langsung di stadion! Klub yang aku tonton saat itu baru saja booming karena mengontrak Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan, dan pengalaman pertama itu seru banget buatku. Aku membaca koran-koran dan beberapa literatur, serta banyak ngobrol sama dosen pembimbingku; dan akhirnya melahirkan ide menulis skripsi tentang proses adaptasi pemain bola asing di Indonesia.

Awalnya aku cukup ragu lho, soalnya tema ini tergolong ‘ringan’ dan tidak teoritis banget dibandingkan teman-temanku yang berani ambil ide yang ‘dalam’. Tapi aku sudah terlanjur jatuh cinta dengan topik skripsi ini, dan buatku berinteraksi dengan pemain bola asing itu seru banget. So, I’ll go ahead with this idea.

Jadi, itu tips pertama dalam menulis skripsi: write what you love! Ini bakal sangat membantu karena menulis skripsi itu ga selancar jalan tol. Akan ada masa-masa bosan, antri bimbingan, capek ngumpulin data.. Bisa dibayangkan kalo kamu nulis sesuatu yang ga kamu suka. Skripsi bisa bak neraka. Nyiksa banget!

Tapi ternyata, ga selalu menyenangkan juga lho teman-teman. Tetap aja ada bumbu-bumbunya. Karena buatku menulis skripsi ini adalah belajar sambil bermain (atau kebanyakan mainnya), kadang aku terlena dan ngerasa stuck di satu bab. Waktu itu halangan terbesarku adalah informanku kan pemain bola, jadi mencari waktu untuk interview agak susah. Apalagi kalau mereka ada tur tanding ke lain pulau, nunggu mereka pulang dulu, terus nunggu mereka ga capek atau mood bagus.

Triknya? Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, dan pasang deadline! Misalnya kamu menjadwalkan dalam bulan ini harus selesai wawancara, do it! Kalau dalam bahasa Jawa, kalau perlu nyanggong (menunggu). Aku pernah interview cuma 10 menit, atau ikut mereka fitness dan berenang; karena aku menggunakan waktu di sela-sela latihan atau waktu mereka makan untuk memberikan pertanyaan. Pokoknya kejar terus pantang mundur! Selama mereka sudah bersedia jadi informan, dan selama kamu ga annoying, mereka pasti akan jawab pertanyaanmu.

Topik skripsinya kamu suka, interaksi sama informan juga seru, tips terakhir: manage your feeling! Alias, jangan ‘nodai’ skripsimu dengan hal-hal yang tidak perlu seperti jatuh cinta sama informan. Serius. I did it and I almost ruin everything. Hihi. Untungnya aku sigap, dan melupakan perasaan itu. Tidak mudah, tapi akan lebih sulit lagi kalau kamu terhanyut dan bikin skripsi kamu keteteran.

Mudah-mudahan tips yang aku bagi ini berguna, semangat ya!
Anggap ini latihan pendewasaan, ‘cause this will be the last ‘fun time’ before you graduating from the college and dealing with many serious things :D

Lots of love,
Prima

"Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway Semangka~ Semangat Ika!"

For more information about the giveaway, you can go here.



1 komentar:

  1. Hai Kak Prima... keren banget sih bisa nemuin judul skripsi yg beda dari yang lain, hasil penelitiannya masih bermanfaat pula sampai sekarang. Gak cuma berakhir jadi tumpukan gitu aja di perpustakaan :p
    Makasi yah kak udah ikutan giveawayku :)

    BalasHapus