Senin, 15 Juli 2013

Muslim in Korea



Halo halo teman-teman,

Sudah hampir seminggu ya puasa ^^

Kemarin dikasih video sama prima, tentang persiapan puasa yang dilakukan muslim di Korea. 



Dulu di Korea memang jarang sekali dengar apa itu Islam. Karena memang di Korea itu orang Islam tidak sampai 1%, dan kebanyakan orang Islam adalah pendatang dari Asia Tenggara atau negara-negara seperti India, Pakistan, dan lain-lain. Seingatku, aku tidak punya teman orang Islam. Tapi aku ada teman yang punya kenalan orang Indonesia, mahasiswa muslim gitu.

Kalau di Korea yang aku tahu sih ada masjid di Itaewon, Seoul. Besar lho masjidnya. Tapi aku belum pernah masuk sih. 

Masjid di Itaewon, Seoul - gambar dari sini
Cuma pernah dengar ya mitos-mitos tentang Islam, seperti tidak boleh pacaran, atau cewek pegang cowok dan sebaliknya. Terus mereka tidak boleh makan babi dan minum alkohol ya, benar kan. Kurang asyik lah gambaran jadi muslim itu, terutama orang Korea biasa makan babi dan minum soju kan.

Ya aku dulu pikir muslim itu tertutup sekali. Tapi setelah aku dan adikku ke Malaysia, lihat ternyata banyak perempuan Muslim tidak pakai jilbab. Eh di Indonesia juga lihat banyak Muslim pacaran, atau ke klub malam juga ada. Hahaha. Kembali lagi lah ke orangnya.

Nah kalau prima jelaskan islam ke aku, itu prima pintar bikin bercanda. Misalnya di bawah ini.

Aku: pakai jilbab tidak panas?
Prima: ada AC didalam jilbab ini :D

Aku: kenapa tidak boleh pegang-pegang?
Prima: Oppa mau adik perempuan Oppa dipegang-pegang sama banyak cowok terus ditinggal? Satu saja yang boleh pegang, suami nanti.

Aku: kenapa rajin sekali ibadah?
Prima: berterimakasih sama Tuhan sudah diberi kesehatan, pekerjaan, dan semuanya.

Itu cuma contoh aja.
Aku sih percaya Tuhan, Eomma dan Appa ada agama, tapi ya begitu kalau orang Korea umumnya tidak religius. Ya ada juga yang rajin ibadah, seperti teman-temanku di klub lain. Entahlah, kalau bahasa prima aku belum dapat hidayah. Hidayah itu apa juga aku tidak tahu. Haha.

Oke deh, selamat menjalankan ibadah puasa. Fighting sampai hari terakhir ya.

JH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar