Jumat, 19 Juli 2013

You Are What You Eat (Part 2)

Halo teman-teman ^^

Ini dia lanjutan cerita kemarin..

5. Snack
Untuk snack aku lebih pilih makan buah atau salad yang banyak sayur tanpa dressing (kalorinya di saos itu tinggi banget lho). Kadang juga pilih jelly atau pudding tanpa vla susu, atau biskuit oat – ini juga cari yang tanpa gula. 3 atau 4 keping biskuit sudah cukup kenyang.

Aku kalau sarapan biasanya makan: oat + susu low fat + 2 buah pisang atau apel. Kadang roti gandum + 2 buah telur rebus. Sebenarnya orang Korea sama kok dengan orang Indonesia, susah kalau tidak makan nasi. Tapi kalau makan nasi sebelum latihan, biasanya perut tidak enak dan kalau tanding cepat lemas. Jadi, kalau mau makan nasi yang lengkap dengan sayur-lauk dan banchan* semua itu, biasanya aku makan sore antara jam3 sampai 6 saat tidak ada latihan.

Sayangnya kalau di mess, koki kurang mengerti gizi-gizi yang dibutuhkan oleh atlet. Jadi asal masak seperti apa-apa digoreng, makan juga nasi putih. Sssttt, ini lho yang sering bikin atlet Indonesia energinya cepat habis. Tidak mau membiasakan diri untuk disiplin dengan pola makan sehat.

Aku juga sudah lama bertahan dengan pola makan seperti ini. Nah, untuk menghindari bosan, aku pilih 1 hari dalam seminggu boleh makan bebas. Kalau ada acara seperti wedding atau ulang tahun juga aku tidak apa-apa makan banyak, tapi porsi air minum harus ditambah. Hari sesudahnya juga lebih banyak makan buah untuk detoksifikasi.

Mudah-mudahan ceritaku berguna ya, dan sekali lagi, selamat berpuasa ^^

JH

*banchan = makanan appetizer untuk orang Korea

**prima bekerja sangat keras untuk mengedit post ini, JH Oppa-nya susaaah jelaskan, jadi prima juga tanya-tanya ke dokter klub ^^*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar