Kamis, 18 Juli 2013

You Are What You Eat (Part 1)



Halo teman-teman,

Apa kabar?
Ada yang sudah 10 hari puasa ya, semangat! ^o^9

Aku mau cerita tentang pola makan seorang atlet yang bagus seperti apa, mungkin bisa kalian ambil untuk pola makan yang sehat.

Here we go...

1. Pilih Karbohidrat Kompleks
Makanan dengan karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan mie memang cepat buat kenyang, tapi kalau mau kenyang lebih lama pilih karbohidrat kompleks. Misal, nasi merah, roti gandum, oatmeal. Kalau mau kentang juga boleh tapi direbus ya, bukan digoreng.

2. Less Carbo, More Protein
Mungkin sudah pernah dengar kalau protein memperbaiki sel otot yang rusak, terutama karena pada waktu latihan atau olahraga banyak otot yang rusak. Makanya, atlet biasanya minum minuman protein khusus atau makan lebih banyak daging. Pilihannya tentu daging tanpa lemak, misalnya dada ayam. Kadang juga makan ikan tapi aku kurang tahu ya nama-nama ikan di Indonesia, cuma kalau makan cumi, udang itu harus sekali-sekali saja. Kolesterolnya tinggi sekali.

3. Buah
Buah juga harus mengandung banyak serat, atau kalau mau makan buah sebagai pengganti makan juga boleh seperti pisang. Untuk buah, aku sudah pernah cerita disini. Tapi tetap tidak boleh banyak-banyak makan buah. Yang penting cukup untuk kebutuhan badan.

4. Minuman
Sebenarnya, kalau kamu berolahraga, tidak harus minum minuman isotonik. Karena dasarnya minuman isotonik itu memberi energi tambahan dari gula. Jadi kecuali sedang pertandingan, aku lebih memilih minum air biasa. Bisa juga minum susu low fat, atau jus buah tanpa gula sehabis latihan, itu juga bagus. Pilihannya: jus semangka, jus apel, jus melon – dan disini di Indonesia aku sering juga minum jus jambu.

Karena bahasannya panjang, aku lanjut besok ya.

Selamat istirahat semua,
JH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar