Senin, 19 Agustus 2013

Merdeka!



Halo teman-teman,

Selamat Hari Kemerdekaan untuk Indonesia, tanggal 17 Agustus 2013 kemarin ^^
Aku bingung mau bilang Selamat Hari Ulang Tahun, tapi yang pasti hari itu sangat bersejarah buat semua orang Indonesia kan..

Kebetulan di Korea ada juga hari seperti itu, sebutannya 광복절 atau Gwangbokjeol – dan jatuhnya dekat sama Indonesia yaitu 15 Agustus. Kalau di Korea, biasanya hari itu ada upacara, kita juga harus mengibarkan bendera di depan rumah – sama kan seperti Indonesia.

Sesudah upacara, kami akan pergi ke taman makam pahlawan, untuk mengenang jasa-jasa mereka. Hari itu, semua transportasi umum boleh dinaiki secara gratis lho :D

Kemarin minggu aku jalan-jalan ke tempat Adrian, dan aku lihat ada banyak permainan di kampung untuk memperingati 17-an ini. Ada anak-anak kampung ikut lomba makan kerupuk, balap karung, atau balap kelereng. Bapak-bapak lomba main sepak bola tapi mereka harus pakai baju tidur wanita, dan remaja ikut lomba panjat pinang yang sepertinya susah sekali ya ._.

Sebenarnya aku tidak mengerti hubungan antara perjuangan kemerdekaan dengan permainan-permainan tersebut, tapi mungkin hanya untuk bersenang-senang ya. Kalau aku pikir, mendapatkan kemerdekaan itu tidak mudah sama sekali, jadi kita harus memanfaatkan apa yang kita miliki sekarang dengan baik-baik.

Nenekku dulu juga sempat mengalami masa perang, dan katanya mau sekolah susah, makan saja juga sangat susah. Semuanya serba susah. Jadi anak jaman sekarang harus lebih bersemangat ya, hidup kita jauh lebih mudah daripada nenek-kakek kita ^^

Oya, karena perjuangan kemerdekaan itu sudah berubah, aku juga mau bilang kalau kemerdekaan itu artinya juga sudah berubah. Buatku, harus bisa merdeka dari rasa malas dan mudah menyerah. Harus terus menambah ilmu pengetahuan supaya merdeka dari kebodohan. Selain itu karena sekarang interaksi antar negara juga lebih mudah, harus selalu bisa menghargai orang dari budaya atau negara yang berbeda supaya bisa mewujudkan perdamaian dunia.

Kalau kamu, apa arti merdeka untuk kamu?

Merdeka!!!
JH

1 komentar:

  1. Annyeong JH oppa and prima eonnie^^

    sebenernya hubungan antara permainan itu bukan hanya sebagai senang-senang saja, tapi juga memperlihatkan bagaimana perjuangan mereka untuk mencapai tujuan mereka yaitu juara, nah~ sama seperti para pahlawan dulu ^^

    arti merdeka untuk ku adalah sebuah hadiah dari para pahlawan yang bener-bener indah :) anugerah banget dari tuhan^^
    bebas dari para penjajah (meskipun kita masih dijajah juga sih) ^^

    aduh~ kepanjangan ya comentnya hehe :D
    salam kenal aja buat kalian^^ bangapseumnida oppa and eonnie^^

    BalasHapus