Rabu, 05 Juni 2013

Hello, This is Prima Speaking ^^



Halo teman-teman,

Kenalkan saya Prima, sosok dibalik Helokim – yang setiap hari marah-marah terus ke JH hanya supaya dia ga malas belajar bahasa Indonesia. Dulu awalnya saya minta dia punya target 10 kata baru per hari, tapi akhir-akhir ini saya tidak sempat lihat buku catatannya jadi ya terserah dia aja sih :p

Maaf ya beberapa hari ini tidak banyak update, saya sedang sibuk sekali >.<
JH tidak bisa upload sendiri karena blog ini pakai email saya. Dan kalau tidak diedit dulu yang ada kalian bingung. Bahasa Indonesia JH cukup bagus dibandingkan pemain Korea yang lain, tapi kadang-kadang susunan kalimatnya agak ajaib. Hehe.

Tapi saya senang ada yang semangat belajar bahasa Indonesia, karena buat saya, artinya dia appreciate sama budaya kita.. Dia juga bisa beradaptasi dengan lebih baik – karena ia bisa memahami apa yang terjadi di sekelilingnya. Tahu dong, bahwa segala interaksi mesti melalui bahasa kan ;)

That’s why seperti yang Coach-nya pernah bilang ke saya, Coach lebih memilih JH daripada beberapa pemain asing lainnya karena dia mampu (atau setidaknya mau belajar) bahasa Indonesia. Dengan demikian, JH mampu berkomunikasi dengan tim dan manajemen, dan membuat kontribusi dia di tim lebih besar. Bisa bayangkan kalau seorang pemain tidak bisa berkomunikasi dengan pemain lainnya dalam tim? Yang ada performa tim bisa amburadul dan tidak maksimal.

Nah, ini pelajaran yang sangat besar buat kita, teman-teman.
Terutama buat kalian yang ingin bersekolah atau bekerja di luar negeri. Harus luangkan waktu untuk belajar bahasa negara tujuan, apalagi kalau di negara itu bahasa Inggris bukan bahasa utama. Dengan tingkat pemahaman yang lebih tinggi, maka tingkat culture shock juga bisa diminimalisasi. Setidaknya begitu menurut teori dan pengalaman JH :D

Segini dulu saja cerita saya. Mudah-mudahan JH bisa lebih sering menulis post blog lagi mulai minggu depan.

Terima kasih telah membaca, see you at the next post! ^^

-Prima-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar