Selasa, 16 Juli 2013

Landing at The Land of Hope

Hai Selvia,

Apa kabar? Terima kasih ya sudah cerita tentang helokim di blogmu ^^

Kali ini aku jawab pertanyaanmu yang ini: Gimana ceritanya sampai bisa berada di Indonesia?

Sebentar, aku juga tidak begitu jelas kenapa aku bisa sampai di Indonesia.

Tapi aku selalu bicara, kepergian ini benar-benar cepat dan mendadak. Makanya, aku tidak punya banyak waktu untuk persiapan. Yang paling aku ingat, aku ke toko buku dekat apate lalu beli kamus besar bahasa Indonesia, satu buku untuk belajar bahasa Inggris, satu buku untuk belajar bahasa Indonesia, dan satu novel untuk di pesawat.

Nanti kapan-kapan aku jelaskan tentang sistem sepak bola di Korea, tapi waktu itu aku jenuh, dan ingin coba ke luar negeri. Jadi seperti Park Ji Sung atau Lee Young Pyo mungkin terlalu jauh, karena aku biasa saja dan tidak pernah main di national team.

Tiba-tiba aku bertemu IG Hyung, dia ini mungkin kalau di Indonesia disebut sepupu. Dia baru saja kembali dari Malaysia untuk bantu satu pemain Korea seleksi disana, tapi pemain itu gagal. Jadi mereka kembali ke Korea, dan mau coba lagi cari negara yang lain. Waktu itu sebenarnya banyak pilihan, ada Thailand, Indonesia, dan Myanmar. Tapi karena pacarku kan, dia sudah pernah ke Indonesia, jadi aku minta sama Hyung untuk ajak aku ke Indonesia.

Setelah urusan surat beres, aku berangkat ke Indonesia. Waktu di pesawat sebenarnya pikir dicoba saja lah. Tapi tiba di Indonesia, tiba-tiba pikir mau berjuang, karena yaaa tiket pulang juga mahal. Jadi setidaknya harus punya uang baru pulang. Hahaha.

Untungnya, semua syarat untuk main di Indonesia bisa aku penuhi dengan baik. Banyak juga lho pemain asing di Indonesia yang tidak lengkap suratnya, jadi harus bayar mahal untuk bisa main di Indonesia.

Oya, Indonesia cukup terkenal kok di teman-teman pemain bola di Korea. Karena pemain asing lebih mudah diterima disini, daripada di negara-negara Asia Tenggara lain (mungkin kecuali Myanmar). Salah satu kriteria yang wajib dipenuhi adalah pengalaman main. Jadi, misal aku dari Korea, itu sebelumnya harus main di klub yang bertanding di liga level A (setahuku terakhir A untuk pemain Asia). Tapi kata manajerku, kadang peraturan dari PSSI suka berubah jadi harus sering baca koran atau cari informasi.

Semoga jawabanku bisa diterima ya, keep reading Helokim ^^

JH

1 komentar:

  1. Wah senang banget pertanyaanku dijawab disini:)) Terimakasih banyak.

    Ternyata Indonesia dikenal disana ya (pemain bola di Korea) ^^

    BalasHapus